Skip to main content
Cara Membuat Adonan Bakso

Cara Membuat Adonan Bakso Yang Kenyal Dan Enak

Bakso

Cara Membuat Adonan Bakso – Bakso merupakan masakan berupa daging sapi yang dibentuk bulat dan direbus dalam kuah kaldu.

Umumnya, Bakso dihidangkan dengan berbagai macam isian seperti mie kuning, gorengan, siomay, atau jerohan sapi.

Bakso memiliki varian yang bermacam-macam, misalnya bakso daging, bakso ikan, bakso udang, dan sebagainya. Bakso juga bisa disajikan dalam bentuk gorengan agar tekstur lebih renyah.

Dalam bentuk bakso goreng, bakso bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama asalkan disimpan didalam kemasan yang sangat rapat. Untuk itu, dibutuhkan Mesin Pengemas Continuous Band Sealer yang dapat menyegel kemasan plastik maupun aluminium foil anda dengan sangat rapat.

Hal lain yang menarik, bakso merupakan olahan kuliner yang tahan lama hingga seminggu lebih dalam bentuk dibekukan. Langsung saja, berikut ini cara membuat adonan bakso.

 

Cara Membuat Adonan Bakso

Bahan-Bahan Dalam Cara Membuat Adonan Bakso :

  • 1 Kg Daging Sapi 1 Butir Telur Ayam.
  • 4 Sdm Bawang Merah Goreng.
  • 2 Siung Bawang Putih.
  • 5 Sdm Tepung Sagu / Maizena.
  • 2 Sdm Soda Kue.
  • 3 Buah Es Batu Kotak2 Kecil.
  • 2 Sdm Minyak Sayur.
  • Garam Secukupnya.
  • Lada Secukupnya.

 

Cara Membuat Adonan Bakso :

  1. Blender semua bahan hingga menjadi bubur kental padat. Bila blender berukuran kecil, maka buatlah menjadi dua bagian yg sama rata. Bila sudah mendapatkan tekstur bubur lembut, matikan blender, tuang adonan dlm wadah.
  2. Siapkan air mendidih dlm panci. Bila air sudah benar2 mendidih, matikan api.
  3. Segera bulatkan adonan bakso, dgn cara: a. Lumuri tangan kiri dengan minyak goreng b. Tangan kanan memegang sendok yang sudah dicelup minyak goreng. c. Ambil satu sendok makan adonan, letakkan di tangan kiri, lalu genggam2, hingga adonan keluar dari genggaman. Bila sudah mendapatkan bulatan yg bagus dan sempurna, ciduklah dgn sendok yg sudah berlumur minyak goreng. d. Langsung cemplungkan di panci air panas. e. Teruskan hingga adonan habis.
  4. Bila adonan sudah mengapung di permukaan air, maka bakso dpt segera diangkat dan ditiriskan.

 Cara Membuat Adonan Bakso

Tips Membuat Adonan Bakso :

  • Adonan Bakso mentah, dpt digunakan utk isian siomay, batagor dan tahu bakso. Bakso matang dapat disimpan di kulkas dan digunakan untuk berbagai keperluan resep, seperti bakso kuah, bakso bakwan malang, nasi goreng, bakmi goreng, dll.
  • Untuk mematangkan adonan menjadi bakso, jangan menggunakan air mendidih dgn api menyala. Air harus mendidih tapi sudah dlm posisi air tenang. Sehingga tekstur bakso yang dihasilkan akan sempurna halusnya

 

Demikian tadi cara membuat adonan bakso, semoga bisa bermanfaat untuk anda, trimakasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *